BOOK REVIEW – PELUKIS JALANAN & ARKITEK JALANAN BY TEME ABDULLAH

Saya ‘bertemu’ dengan novel ini tak sengaja di rak buku bestseller MPH Mid Valley, Malaysia. To be honest I am not a fan of Malay Fiction. Salah satu alasannya karena bahasa novel melayu yang belum mampu saya memahami ‘its beauty’ nya. Seperti kamu baca novel berbahasa inggris yang akan jauuuuh berbeda dengan bacaan non-fiction yang biasanya lebih to do point. 



Novel ini berdasarkan kisah nyata penulisnya sendiri. Teme Abdullah, begitulah ia menamai diri anonimnya itu. Mahasiswa jurusan arsitektur warganegara Malaysia yang berjuang meraih S1 di Inggris dengan biaya sendiri. Biaya sendiri! Bukan biaya orangtua, lho. Apalagi beasiswa.
Membaca kedua novel ini membuat saya geleng-geleng kepala berkali-kali. “Woah, hebat!” Novel bertema islamik namun tidak terkesan menceramahi. Ia menerapkan poin-poin penting dalam islam. Terutama tentang sabar. Novel kedua yang berjudul ‘Arkitek Jalanan’ pula terdapat tambahan karakter utama yaitu teman Teme yang bernama Ahmad. Perbincangan mereka selalu sarat akan manfaat. Pemberi semangat bagi setiap insan yang mulai penat dengan belajar terutama di universitas.

Alhamdulillah, saya yang sudah tinggal di Malaysia sejak 2010 ini dapat memahaminya dengan baik sekalipun penulis menggunakan istilah keseharian di Malaysia, yang saya rasa tidak semua orang di Indonesia akan memahaminya. Bagi saya, sangat sayang sekali jika kedua novel ini tidak diwujudkan dalam bentuk film. Dan sayangnya juga, novel ini hanya di Malaysia. Semoga suatu saat novel ini merambah ke negara saya sebagaimana beberapa novel Indonesia semisal Laskar Pelangi yang telah diterbitkan dalam bahasa melayu di Malaysia.

Oya, go check out Teme's Instagram @itsteme for his amazing work!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

My University Life (Part 1)

10 KUALITAS PRIBADI YANG DISUKAI