Makanan Otak


Menurut ahli gizi tingkat kempuan berpikir anak banyak ditentukan dari jenis makanan yang ia konsumsi karena makanan itu berpengaruh untuk meningkatkan kemampuan otak. Pisang dan buah-buahan kering memberikan “bahan bakar” pada otak anak dan membantu menjaga energy anak-anak sepanjang pagi. Berikut 7 makanan super yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir anak : .

Sereal

Satu mangkuk sereal baik untuk mengawali hari tetapi Anda memilihnya harus hati-hati karena banyak sereal yang mengandung hampir 50 persen gula dengan sedikit serat, vitamin, dan mineral

Telur

Telur kaya akan protein, seng, vitamin A, vitamin D dan vitamin E (untuk mecegah penyakit) serta B12 (penting untuk pembentukan sel darah merah.
Kuning telur mengandung lecithin yang dianggap penting sebagai makanan otak, baik untuk daya ingat dan konsentrasi karena mengandung zat besi yang penting bagi fungsi otak.

Kiwi

Buah kiwi mengandung hampir 2 kali dibandingakan dengan jeruk dan sebutir kiwi dapat mencukupi kebutuhan vitamin C orang dewasa dalam sehari. Vitamin C penting untuk menyerap zat besi dari makanan. Vitamin C tidak bisa disimpan dalam tubuh, itulah sebabnya mengapa anak-anak perlu mengonsumsi vitamin C dalam menu sehari-harinya

Pisang

Pisang adalah sumber karbohidrat dengan kandungan energy yang baik. Makan satu pisang sebagai snack akan membantu menjaga tingkat energy dan konsentrasi sepanjang pagi.

Buah-buahan kering

Buah-buahan kering kaya akan zat besi dan sumber energy

Minyak Ikan

Beberapa jenis asam lemak tidak dihasilkan oleh tubuh, mesti didapat dari makanan. Lemak menjadi komponen utama otak dan sebagian besar dari otak terdiri dari asamlemak yang memainkan peran penting dalam fungsi sel otak

Keju

Keju adalah makanan kaya gizi, protein, dan kalsium yang baik untuk kesehatan tulang dan gigi. Keju juga baik untuk gigi anak-anak karena dapat membantu menetralisasi asam penyebab kebusukan gigi.

Sumber : Buku “SUPER GREAT MEMORY”….
Karya : Irwan Widiatmoko (Mr. SMG)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BOOK REVIEW – PELUKIS JALANAN & ARKITEK JALANAN BY TEME ABDULLAH

My University Life (Part 1)

10 KUALITAS PRIBADI YANG DISUKAI