S.O.S (SaveOurSky)



Apa itu Lapisan Ozon?


Lapisan ozon adalah lapisan yang terdapat pada stratosfer yang terdiri dari molekul-molekul ozon (O3) yang berda pada ketinggian sekitar 15-60 km diatas permukaan Bumi . Lapisan ini berfungsi untuk menghalangi hampir semua sinar UV-B yang dipancarkan matahari sehingga akan mengurangi sinar UV-B yang berbahaya tersebut sampai ke permukaan Bumi.
Bayangkan apabila tidak ada lapisan ozon maka suhu di bumi akan mencapai 60-70 derajat celcius dimana kita tidak akan bisa bergerak karena kita akan lengket dengan bumi.


Apa itu sinar UV-B?

Sinar UV-B adalah sinar yang dipancarkan oleh matahari dengan energi yang cukup besar. Oleh karena itu apabila sinarnya sampai ke permukaan Bumi maka akan mengganggu kesehatan manusia, diantaranya:
- Melanoma (Kanker Kulit paling fatal)
- Kulit keriput sehingga terjadi penuaan dini
- Katarak hingga kerusakan permanent pada mata
- Menurunkan daya tahan tubuh
- Menyebabkan gangguan terhadap makhluk hidup lainnya


Ada apa dengan lapisan ozon dan apa penyebabnya?

Lapisan ozon yang sekarang ini semakin menipis. Hal ini dikarenakan adanya bahan-bahan kimia buatan manusia seperti Chlorofluorocarbon (CFC)_bahan pendorong_ atau Freon yang banyak digunakan sebagai bahan pendingin, yang banyak digunakan pada AC dan kulkas. Begitu juga dengan sulfur (belerang).
Ada sekitar 100 jenis bahan perusak ozon yang terdaftar dalam Perjanjian Montreal 1987 antara lain halon, metal bromide, aerosol, solvent dan foam pada busa pengembang, pelarut, pestisida, serta kaleng semprot untuk perfume atau pengharum ruangan.
CFC adalah bahan pendorong yang terdapat dalam produk-produk yang membutuhkan dorongan seperti hairspray. Bayangkan, berapa molekul yang akan lepas ke atmosfer dalan sekali semprot. Mungkin beratus-ratus molekul, Nah. Kalau setiap orang menyemprot dan melakukan semprotan minimal 2 kali apa jadinya ozon kita.
Akibatnya sinar UV-B yang sampai ke permukaan Bumi akan meningkat yang mengakibatkan Bumi dan kehidupan yang ada di dalamnya menjadi terancam. Berdasarkan pemantauan instrument Total Ozone Mapping Spectrometer (TOMS) pada satelit Nimbus 7 dan Meteor 3, kerusakan ini telah menimbulkan lubang di kedua kutub bumi.


Sulfur…???

Seorang Peraih Hadiah Nobel Kimia, Paul Crutzen meneliti bahwa sulfur dapat menurunkan suhu Bumi. Ia menyarankan untuk menebarkan partikel-partikel sulfur ke angkasa pada ketinggian 10 km hingga 50 km. Untungnya gagasan itu belum terlaksana karena Tilmes menemukan partikel sulfur dapat memperparah ozon dan memperlambat pemulihan lapisan ozon yang sudah rusak hingga berpuluh-puluh tahun
Partikel-prtikel sulfur dari letusan gunung berapi dapat menurunkan suhu bumi sesaat namun partikel tersebut ternyata mengaktifkan gas klorin di sratosfer yang membahayakan ozon. Sulfur dapat mengurangi panas bumi namun akan berdampak lain pada ozon.


Kamu ikut dalam Organisasi Penipisan Ozon Sedunia kalau…

AC dan kulkas kamu menggunakan CFC-12/ Freon-12/R-12 sebagai pendingin
Bahan pendingin yang biasa digunakan dalam AC dan kulkas adalah CFC-12/Freon-12, HFC/Freon 134a atau Hidrokarbon./ HFC – 134a dan Hidrokarbon merupakan bahan pendingin yang ramah lingkungan. Banyak digunakan pada AC dan kulkas produksi baru.
Maka, segera cari tahu jenis pendingin apa yang digunakan dalam AC dan kulkas kamu!


Tantangan seluruh penduduk Bumi...!!!

Tidak peduli apakan negaranya sudah menandatangani seluruh protocol atau konvensi yang berkaitan dengan ozon, seluruh penduduk bumi harus peduli dengan ozon.

Indonesia telah terdaftar sebagai anggota Konvensi Wina dan Protokol Montreal pada tahun 1992 dan menetapkan kebijakan untuk aktif dalam upaya perlindungan ozon bersama masyarakat di belahan dunia lainnya.

Montreal Protokol adalah perjanjian internasional yang mengatur produksi dan bahan-bahan perusak lapisan ozon, termasuk CFC-12. Sesuai dengan protocol ini produksi dan penggunaan CFC-12 akan dilarang. Indonesia telah sepakat untuk mengurangi impor CFC dan penggunaannya secara bertahap.


Apa kamu akan merasakan akibatnya?

Of course !
Karena kalau kamu masih menggunakan AC dan kulkas berpendingin CFC-12 yang tidak dirawat dengan baik makan akan mengalami kebocoran dan memerlukan penambahan bahan pendingin (CFC).
Pada saatnya produksi dan pemakaian CFC dilarang, kamu tidak bisa membeli CFC, atau apabila masih ada harganya akan menjadi sangat mahal.


Dampaknya untuk makhluk hidup lain…

1. Pertumbuhan beberapa jenis tanaman menjadi lambat dan beberapa akan menjadi kerdil
2. Sinar UV-B memiliki kadar yang lebih besar di daerah pegunungan dan pantai, oleh karena itu oraganisme yang ada di laut dapat musnah apabila hidup di daerah permukaan air
3. Phytoplankton yang menjadi sumber makanan bagi organisme laut bisa musnah, yang bisa berakibat berantai pada makhluk hidup laut lainnya.
4. Sinar UV-B mengurangi kemampuan tanaman untuk menyerap karbondioksida di udara sehingga akan berdampak pada pemanasan global.


Apabila AC dan kulkas kamu masih menggunakan CFC-12, maka:

- Rawatlah secara rutin
- Rawat di bengkel yang telah memiliki sertifikat dan dilengkapi dengan alat Recovery & recycling untuk CFC-12
- Apabila terjadi kebocoran, jangan bunang CFC yang tersisa ke udara.
- Periksa dengan baik sebelum pengisian ulang. Hal ini akan lebih aman untuk lingkungan, pemakaian CFC akan lebih irit dan memperpanjang waktu pemakaian.
- Kurangi kebocoran CFC-12 dengan menghidupkan AC minimal 10 menit setiap minggu agar seal tetap mengalami pelumasan.
- Apabila AC dan kulkas memerlukan perbaikan yang cukup berat, untuk pemakaian jangka panjang akan lebih murah mengganti system pendinginnya dengan menggunakan HFC-134a atau Hidrokarbon.


Yang harus kamu ketahui sebagai pemilik kendaraan yang menggunakan HFC-134a sebagai pendingin yaitu…

1. Pastikan kalo AC dan kulkas kamu dirawat di bengkel yang punya sertifikat dan teknisis yang terlatih. Untuk mencegah pengisian dengan CFC-12, namun harus membayar dengan harga HFC-134a.
2. Pastikn kalo AC dan kulkas kamu yang sudah menggunakan HFC-12 tidak diisi dengan CFC-12 karena kecerobohan bengkelnya. Hal ini akan mengurangi umur kompresor HFC-134a secara drastis atau akan menyebabkan kerusakan pada system akibat terjadinya ketidak cocokan kombinasi CFC-12 dengan oli yang digunakan dalam system AC yang menggunakan HFC-134a.
3. Sadarilah kecurangan-kecurangan lain di lapangan.


Ayo! Ikut membantu lapisan ozon dengan…

- Tidak menggunakan parfum semprot, gunakan yang langsung tuang
- Tidak menggunakan hair spray
- Kurangi penggunaan tabung pemadam kebakaran.
- Sebaiknya gunakan tempat tidur dari bahan kapuk, bukan bahan busa.
- Gunakan pengharum ruangan yang dari botol atau dalam kemasan seperti pengharum dalam mobil.
- Begitu juga dengan penyemprot obat nyamuk, gunakan yang masih memakai pompa dibelakangnya, karena model ini tidak menggunakan CFC sebagai pendorongnya.
- Kurangi pemakaian AC. Tidak semua ruangan harus dipasang AC apalagi lebih dari 1 jumlahnya. Itu namanya pemborosan dan setan sangat suka dengan orang-orang yang boros. Di samping itu kita juga harus menghemat energi.
- Perbanyak menanam tanaman teduh di halaman rumah atau di halaman kantor. Tanaman menyerap karbondioksida dan mengeluarkan oksigen maka pemakaian AC dapat dikurangi
- Tidak perlu berlomba-lomba memiliki kulkas lebih dari satu apabila penggunaannya tidak begitu penting. Belilah kulkas dalam bentuk besar dan yang tidak menggunakan CFC atau semacamnya sebagai pendingin.


Akhirnya semua ini kembali ke diri kita masing-masing. Apabila kita masih tunggu-tungguan dalam hal ini maka sampai kapan akan dimulai. Pemerintah telah banyak mengeluarkan kebijakan-kebijakan dalam rangka berpartisipasi untuk menyelamatkan ozon, namun apabila tidak ada kesadaran dan partipasi dari rakyat, kebijakan itu hanya sia-sia. Kita harus bersatu dalam menangani kerusakan ozon, karena apabila hanya beberapa puluh orang saja yang tergerak hatinya untuk menangani kerusakan ozon, ya hasilnya sama saja. Mulailah dari diri sendiri. Jika setiap orang memulai dari diri sendiri, maka ozon akan bisa ditangani.

_Selamat Menyelamatkan Ozon_

Komentar

Anonim mengatakan…
I know this if off topic but I'm looking into starting my own blog and was wondering what all is needed to get set up?
I'm assuming having a blog like yours would cost a pretty penny?
I'm not very internet savvy so I'm not 100% positive. Any suggestions or advice would be greatly appreciated.
Cheers

Also visit my homepage; how to get your girlfriend back, http://en.wikipedia.org/,
semarmut mengatakan…
Dear anonim.

You can start your own blog without cost any money. It is a free domain. I mean like blogger, wordpress, tumblr, etc. Just sign up and you can start posting. That's all.

But there's several people who want their own blog address such as www.yourname.com without any "blogger.com or wordpress.com etc" at the end of their address. this one costly domain. You should pay. ^^

Postingan populer dari blog ini

BOOK REVIEW – PELUKIS JALANAN & ARKITEK JALANAN BY TEME ABDULLAH

My University Life (Part 1)

10 KUALITAS PRIBADI YANG DISUKAI