Kriteria Pemimpin

Dikutip dari: Danial Zainal Abidin. 2004. 7 Formula Individu Cemerlang. Pts Publication and Distribution Sdn Bhd: Pahang Darul Makmur

Pada tahun 1974, Jules Masserman, seorang tokoh dalam ilmu psikoanalisis dari Amerika dan seorang profesor di Universitas Chicago, ketika memberikan pendapat beliau tentang pemimpin teragung dalam sejarah, berkata, "Seorang pemimpin perlu melaksanakan tiga fungsi, yaitu: (1) memelihara kesejahteraan pengikut-pengikutnya, (2) mewujudkan sistem sosial yang selamat dan terjamin, dan (3) menyemai nilai kepercayaan untuk diikuti oleh pengikut-pengikutnya."

Setelah mengutarakan kriteria-kriteria ini, Profesor Jules Masserman akhirnya berkata, "Tokoh-tokoh seperti Pasteur dan Salk dapat dikategorikan sebagai pemimpin yang memiliki kriteria yang pertama, Alexander, Caesar dan Hitler pula dapat dikategorikan sebagai pemimpin yang melaksanakan fungsi yang kedua dan mungkin juga yang ketiga. Pemimpin paling UNGGUL dalam sejarah adalah MUHAMMAD karena beliau melaksanakan ketiga-tiga fungsi ini, diikuti oleh nabi Musa
Bayangkan, bahkan pemikir dari barat sekali pun mengagumi cara memimpin nabi Muhammad SAW. Egoisnya bangsaku ini yang menepikan cara memimpin beliau dan malah mengikuti pemimpin barat yang sudah jelas dampaknya. 

Siapapun yang memimpin bangsa kita nanti, semoga dia sadar bahwa Indonesia bukan milik suatu kaum, bukan milik minoritas, bukan milik mayoritas, dan pula bukan milik kita bersama. Indonesia milik Allah!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BOOK REVIEW – PELUKIS JALANAN & ARKITEK JALANAN BY TEME ABDULLAH

My University Life (Part 1)

10 KUALITAS PRIBADI YANG DISUKAI